• Loading

    Sunday, 01 January 2012

    Home » » DOS (DENIAL OF SERVICES)

    DOS (DENIAL OF SERVICES)

    DOS merupakan salah satu serangan yang banyak ditemui dalam dunia networking saat ini. Anda tidak pernah tahu kapan akan mendapat serangan ini. Serangan Dos dapat terjadi kapan saja pada jaringan dan dapat ditunjukan kepada siapa saja, bahkan ke personal. Namun biasanya yang paling sering terkena dampaknya adalah server-server besar seperti yahoo, google, serta perbankan yang secara langsung memberikan pelyanannya melalui jaringan. Bila Anda memutuskan untuk memberikan pelayanan melalui jalur networking, Anda juga harus siap menangung risikonya, salah satunya adalah serang DOS.

    Seorang ini biasanya bertujuan untuk mematikan pelayanan dari komputer atau jaringan yang diserang. Dampaknya akan sangat besar bagi perusahaan atau instansi yang menyediakan jasa terutama bagi pelayanan yang seharusnya. Serangan DOS ini dapat menghambat bahkan mematikan pelayanan pada sebuah system sehingga pengguna yang abash tidak dapat menerima atau mendapatkan pelyanan yang seharusnya. Bayangkan saja bila sebuah perusahaan banking tidak dapat memberikan pelayanan kepada nasabahnya, maka akan sangat fatal akibatnya bagi kelangsungan perusahaan tersebut. Atau sebuah provider internet yang tidak dapat memberikan bandwidthnya kepada klien, maka akan berdampak tidak hanya kepada provider tersebut yang harus membayar jaminan koneksi sesuai yang mereka terapkan namun juga kepada penyewa koneksi. Bila salah satu pnyewanya adalah sebuah warnet atau bahkan banking, tentunya akan berdampak luas.

    Serang DOS ini pada dasarnya sulit dideteksi, kecuali jika penyerangan telah melakukan beberapa kali percobaan dengan alamat IP sama. Tentu akan sangat mudah untuk membloknya. DOS cukup sulit untuk diatasi karena serangan ini pada dasarnya juga berkaitan dengan pelayanan yang diberikn, sebuh system dengan tingkat keamanan yang tinggi biasanyamemberikan kenyamanan yang redah bagi penggunanya. Bayangkan bila server yahoo dijadikan perantara untuk menyerang tentu akan sangaat membingungkan bagi administrator disebuah penyedian jasa internet. Sang administrator tidak bisa asal melakukan block alamat IP yahoo karena yang akan terkena dampaknya adalaha pengguna jasa internet tersebut. Maka perlu dicari solusi yang tepat oleh provider internet tersebut.

    Sewaktu seorang ingin melakukan serangan, ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Kalsifikasi dari serangan DOS ini di antarnya syn attack dan UDP flood. Saat ini serangan DOS tidaklah terlalu besar lagi dampaknya karena para ahli jaringan telah banyak menemukan metode pengamanan terbaru dan menambal patch – patch pada sebuah sistem.

    Serangan DOS bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, namun bila penyerangan ingin memberikan dampak yang besar, maka dibutuhkan pengetahuan dan sumber daya yang memadai untuk melakukan hal tersebut. Pengamatan tentang terget ujga merupakan hal – hal yang tidak boleh dilupakan. Mengatasi DOS secara langsung dapa dilakukan dengan cara mematikan layanan yang diserang atau mungkin mematikan server, namun akan berakiabat kepada user yang ingin mengkases server yang bersangkutan.
    Related Post :)

    0 comments:

    Post a Comment

    Bila tak pegal di tangan
    silahkan tulis sebuah komentar!

     
    Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes

    Selamat Datang Di Hisyam BLOG

    belajar dan berbagi pengetahuan

    Sekilas tentang penulis

    contact

    • My RSS
    • Twitter
    • Facebook
    • Home
    info